Ayo Bangkit! Lakukan 10 Hal Ini Saat Kamu Sedang Gagal

 

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan dalam hidup, ada waktu dimana segalanya terasa sulit untuk dilalui. Kadang hidup seperti berjalan di sebuah lorong gelap yang tak tahu kapan dan di mana ujungnya akan berhenti. Saat kamu mengalami hal ini, berbagai perasaan negatif akan muncul. Depresi, frustasi, kehilangan kepercayaan diri, menyalahkan diri, merasa tidak adil, hingga kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan.
Kamu merasa sudah bekerja sangat keras dari yang lain, kamu merasa banyak hal yang sudah kamu lalui untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Entah itu dalam hal karir, akademis, hubungan, seakan keberuntungan tidak pernah berpihak padamu bagaimanapun kamu bekerja semaksimal mungkin. Sampai kamu merasa bahwa pepatah “usaha akan berbanding lurus dengan hasil” adalah sebuah quotes yang sudah tidak bisa dipercaya. 
Guys, satu hal yang perlu kamu ingat bahwa bukan hanya kamu yang mengalami hal seperti ini. Kadang kita perlu membuka pengalaman baru yang mungkin belum pernah dicoba, sebuah perpektif cara pandang baru untuk menghadapi masalah yang sedang dialui. Bukan dengan mengalihkan perasaan negatif itu ditempat lain yang bisa membuat senang sesaat, bukan dengan menyerah lalu pergi meniggalkan tujuan awal, tapi dengan menerima pengalaman baru dan memaknainya lebih dalam.
Kamu perlu menerima realitas, kenyataan yang tak pernah terpikirkan olehmu akan sangat melelahkan seperti sekarang. Usaha keras yang sudah kamu lalui bukannya tak pernah berhasil, tapi belum, percayalah jika suatu saat keberhasilan akan datang padamu. Jika lelah kamu bisa beristirahat, kamu harus belajar untuk menenangkan diri, setelah itu barulah belajar untuk menyembuhkan diri dari kegagalan-kegagalan yang terasa tak kunjung usai menghantui.
Penulis akan memberikan beberapa hal yang perlu kamu ingat ketika kamu sedang terjatuh. Selalu semangat ya.

1. Beri waktu untuk beristirahat

Kamu sudah berusaha sangat keras, kamu sudah melakukan segala cara, tidak ada yang membuat rugi saat kamu berhenti sejenak, mendinginkan segala hal yang memenuhi kepalamu akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan otakmu. Dengan begitu kamu akan bisa melangkah ke depan, bukan ke belakang. 

2. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Alasan kepercayaan bisa menjadi salah satu kekuatan spiritual adalah karena kamu bisa berserah diri sejenak kepada Tuhan. Menyerahkan sesuatu yang bukan dalam kendali kamu pada-Nya akan membuatmu seperti terlahir baru, kamu seperti memiliki semangat baru untuk menghadapi hari esok.
Kepercayaan apapun juga mengajarkan bahwa “berputus asa itu dosa”, maka sudah seharusnya kamu tak boleh menyerah karena kegagalan yang pada akhirnya akan mengajarkanmu banyak hal. 

3. Berpikir positif


Terkadang berpikir positif adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat kamu dalam keadaan terjatuh. Tidak ada yang bisa menolongmu kecuali dirimu sendiri, dan pikiran-pikiran positif itu bisa mengubah mindset kamu tentang kegagalan. Dengan begini kamu akan tahu apa yang selanjutnya harus kamu lakukan.

4. Ingat hal bahagia yang pernah membuatmu bangga

Ketika gagal, emosi pertama yang muncul dalah sebuah ketidakpercayaan diri, kamu merasa sudah tidak mampu lagi untuk berjuang. Kamu merasa sudah berhenti pada suatu titik yang tidak kamu bayangkan sebelumnya.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan harga dirimu itu adalah dengan mengingat keberhasilan yang sebelumnya pernah kamu capai. Ingat kebahagiaan yang pernah kamu rasakan bersama orang-orang yang menyayangimu seperti keluarga, sahabat, dan pasangan. Semua hal indah itu mampu membuatmu percaya bahwa ada orang-orang yang akan selalu tinggal dan mendukungmu.

5. Bersyukur

Saat bisa mensyukuri hal sekecil apapun dalam hidup, kamu akan lebih mampu menerima diri. Bukan karena banyak orang di luar sana yang bernasib lebih buruk darimu, tapi lebih karena kamu percaya bahwa kamu akan mampu melakukan suatu hal yang lebih baik dari sebelumnya. 

6. Percaya bahwa kegagalan ini akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya

Jika kamu cerdas kamu akan bisa mengelola emosimu dengan baik, merasa gagal adalah sebuah emosi negatif yang harus segera kamu sadari. Jika sudah disadari, kamu akan percaya bahwa kegagalan ini akan membuatmu menjadi pribadi lebih kuat dari sebelumnya.

7. Percaya pada kelebihan diri


Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan, saat merasa gagal kamu akan kesulitan untuk menyadari bahwa kamu juga punya kelebihan dalam kemampuanmu yang lain. Menyadari kelebihan diri akan membuatmu cepat bangkit karena kamu percaya bahwa selalu ada cara baru untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

8. Setiap hari adalah baru

Siang berganti malam, bumi berputar, hari berganti. Kamu perlu percaya bahwa kamu selalu dapat melakukan hal baru setiap harinya, tidak ada yang melarangmu, masa depanmu masih baru dan mau menjadi apa dirimu adalah tanggung jawab dirimu sendiri.

9. Memaafkan

Memaafkan orang yang mungkin pernah membuat sakit hati, dan yang paling penting adalah memafkan diri sendiri. Rasa bersalahmu karena kegagalan akan sirna ketika kamu bisa memaafkan.

10. Melepaskan


Melepaskan segala sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan, bukan dalam arti kata melepaskan tujuan awalmu, tapi lebih kepada mengikhlaskan pengalaman buruk yang selalu datang di kepalamu. Kamu harus percaya bahwa sekarang kamu selalu berhak untuk menggantinya menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.
So, kalau kamu menghadapi kegagalan, jangan berlarut-larut dalam kesedihan dan menyalahkan diri sendiri ya! Ayo bangkit! Kamu pasti bisa kok. Tetap semangat meraih impianmu ya!

Related posts